news studentsite

Rabu, 30 April 2014

karangan populer ( tulisan 1)



Pro Kontra Ujian Nasional

Dalam dunia pendidikan di Indonesia kita sering mendengar tentang ujian nasional atau sering disebut dengan UN/UNAS. Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian pendidikan. Standar Kelulusan yang buat oleh pemerintah setiap tahun akan berubah dari yang dulunya 4.75 sampai saat ini adalah 5,0
Ujian nasional dilakukan mulai tingkat sekolah dasar yang disebut dengan UASBN (ujian akhir sekolah bertaraf nasional),dan ujian nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama ,sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. Ujian nasional dilaksanakan selama 4 hari untuk sma, smp dan smk.
Untuk Sekolah dasar yang diujikan adalah :
1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Sedangkan Untuk Sekolah Menengah Pertama yang diujikan adalah :
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Matematika
4. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Dan Untuk Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang diujikan adalah :
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Matematika
4. dan sesuai dengan jurusan yang diambil di sekolah
Pada zaman saya sekolah menengah atas paket soal UN ada 5 yaitu a sampai e, namun tahun ini paket soal UN ada 20, jadi setiap siswa memiliki soal yang berbeda.
Pada perjalanannya ujian nasional banyak sekali pro kontra sampai hari ini. Pada sisi positif banyak yang menilai ujian nasional bagus dilaksanakan supaya para siswa belajar setiap hari. Tetapi pada sisi negatifnya, ujian nasional di nilai hanya merugikan siswa karena pada pelaksanaannya yang kurang dari satu minggu membuat mereka tidak lulus karena UN. Dan pelaksanaan UN juga membuat para siswa yang menjadi tegang dan takut sehingga banyak dari mereka yang tidak percaya pada kemampuannya sendiri sehingga banyak yang menggunakan atau membeli kunci jawaban dari oknum – oknum tertentu.
Namun dari empat tahun kebelakang ini, ujian nasional tidak terlalu dominan pada kelulusan siswa karena nilai ujian nasional ditambah dengan nilai ujian sekolah,sehingga sekarang sekolah sangat berperan penting dalam kelulusan siswanya. Dan ini membuat angin segar buat para siswa. Sehingga siswa tidak terlalu takut lagi dengan ujian nasional tersebut.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ujian_Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar