news studentsite

Sabtu, 27 Desember 2014

7 Tips Bagaimana Merencanakan Tujuan Hidup



7 Tips Bagaimana Merencanakan Tujuan Hidup


Mengutip sebuah quote, "Jika Anda tidak tahu kemana Anda akan pergi, maka Anda akan berakhir di tempat lain." Ini menggambarkan orang-orang yang mengalami kegagalan karena tidak punya tujuan hidup yang jelas. Meskipun Anda mungkin punya gambaran sedikit-sedikit kemana Anda hendak pergi atau apa yang ingin Anda lakukan, tapi tanpa tujuan jelas, Anda bisa dengan mudah kehilangan arah. Sebelum memulai proses menetapkan tujuan, ambil sedikit waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda capai dalam hidup ini. Buat daftar ide untuk membantu Anda menetapkan tujuan masa depan.

1. Buat Daftar Goal Anda
Ingat ini hanya ide awal, yang nantinya dapat diubah sesuai kebutuhan. Ini adalah waktunya untuk bermimpi tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup. Bermimpilah setinggi-tingginya!

2. Tuliskan Beberapa Tujuan Jangka Panjang
Anda mungkin ingin menyertakan personal, bisnis, hubungan dan tujuan kesehatan. Ini adalah "garis besar" tentang bagaimana Anda ingin melihat keseluruhan hidup Anda. Perlu diingat bahwa terlalu banyak tujuan juga malah membuat kita jadi bingung. Jadi tetapkan saja tiga sampai lima gol awal agar lebih mudah dikelola.

3. Beri Batas Waktu Kapan Gol Jangka Panjang Tersebut Tercapai
Mungkin Anda ingin mendapatkan gaji dengan nominal sekian atau pindah rumah ke daerah tertentu. Tetapkan tanggal yang realistis untuk mencapai tujuan. Anda mungkin perlu belajar keterampilan baru atau ganti pekerjaan untuk mencapai tujuan Anda. Tetapkan tanggal yang wajar agar mudah tercapai.

4. Pecah-Pecah Tujuan Anda Menjadi Beberapa Step
Bagian ini berfokus pada apa yang Anda perlu lakukan untuk mencapai tujuan. Jika tujuan Anda adalah keuangan, tujuan jangka pendek Anda mungkin termasuk mencari pekerjaan baru, memperbaiki resume, ikut kursus atau kerja lembur. Catat tanggal kapan Anda ingin tujuan-tujuan jangka pendek itu tercapai.



5. Tulis Tujuan Anda, Tempel di Tempat yang Terlihat
Dengan menempel daftar gol di cermin atau dekat meja kerja, Anda akan mengingatnya setiap hari. Beberapa orang memilih untuk menulis golnya di kalender harian mereka atau membuat presentasi multimedia di desktop mereka. Apapun itu caranya, yang terpenting adalah Anda bisa melihatnya setiap hari.

6. Beri Tahu Tujuan Anda Pada Teman Atau Orang yang Dicintai
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Gail Matthews, Profesor Psikologi di Dominikan University of California, diikuti 149 peserta selama empat minggu untuk menilai seberapa baik mereka mencapai tujuan mereka. Disini terbukti bahwa dengan berbagi tujuan hidup dengan orang lain, bisa meningkatkan kemampuan Anda mencapai tujuan secara signifikan.

7. Tinjau Ulang Gol Anda Setiap Hari
Melihat kemajuan menuju tujuan Anda bisa membantu menjaga motivasi tetap tinggi. Meninjau ulang tujuan hidup setiap hari membuat Anda tetap berada di jalur yang benar.

Sumber :
http://hanya-perempuan.blogspot.com/2011/10/7-tips-bagaimana-merencanakan-tujuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar